Ziarah dan Tabur Bunga Semarak Harjakabpro ke-270

Tuppy Probolinggo | 12:23:00 PM |

PROBOLINGGO – Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakabpro) ke-270 tahun 2016 juga diisi dengan ziarah dan tabur bunga di makam Bupati pertama Kiai Djojolelono dan makam Bupati kedua Kiai Djojonegoro (Raden Tumenggung Djojonegoro), Senin (18/4/2016).

Bupati Kiai Djojolelono menjabat pada tahun 1748 sampai dengan 1768. Kemudian dilanjutkan Bupati Kiai Djojonegoro periode 1768 sampai 1805 dan 1805 sampai 1808. Makam Kiai Djojolelono berada di Kampung Sentono Kelurahan Mangunharjo Kota Probolinggo. Sementara makam Kiai Djojonegoro berada di antara makam-makam tua, tepatnya sebelah barat Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo.

Sekitar pukul 06.30 WIB, ziarah yang dipimpin oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko ini tiba di kompleks makam Kiai Djojolelono yang berlokasi di Kampung Sentono Kelurahan Mangunharjo Kota Probolinggo.

Turut serta dalam ziarah ini Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Moch. Nawi, para staf ahli, asisten, Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Hadir pula, Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Probolinggo KH Jamaludin Al Hariri yang sekaligus memimpin doa dalam pelaksanaan Ziarah. Sedangkan Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Probolinggo KH Abdul Hadi memimpin pembacaan surat yasin dan tahlil.

Bupati Problinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menjelaskan bahwa dengan ziarah ini masyarakat kembali diajak untuk mengenang dan menghormati para leluhur yang telah berjasa mendirikan dan membangun Kabupaten Probolinggo, khususnya Kiai Djojolelono sebagai Bupati pertama Probolinggo.

“Masyarakat jangan sampai melupakan jasa-jasa orang yang telah berjuang terhadap kemajuan di Kabupaten Probolinggo. Semoga momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo ke-270 ini semakin meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Ziarah ini diawali dengan pembacaan Surat Yasin, tahlil dan diakhiri doa bersama dan dilanjutkan dengan tabur bunga di atas makam Kiai Djojolelono oleh Bupati Tantri, Wabup Timbul, Sekda Nawi dan undangan yang lain.

Usai dari makam Kiai Djojolelono, Bupati Tantri, Wabup Timbul, Sekda Nawi dan undangan lain juga melakukan ziarah ke makam Bupati Probolinggo kedua Raden Tumenggung Djojonegoro yang lokasinya bersebelahan dengan Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo. (y0n/ast)

Category: , , , ,

Tentang Kami :
Sekretariat Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah